Gempa Bumi Guncang Kebumen dengan Kekuatan 6,5 SR (Getaran dirasakan juga di beberapa daerah)
www.bmkg.go.id/BMKG_Pusat/Main.bmkg
Jawi Go. Status BB, Twitter, Facebook lagi ramai membicarakan getaran yang cukup dasyat. Mereka mengatakan merasakan ada guncangan  lindu (Bahasa Indonesia: Gempa) sekitar pukul 12.15 WIB. Teman dari Semarang memberikan info bahwa disana terjadi getaran gempa, untuk Solo tepatnya sukoharjo merasakan gempa seperti naik kapal. Selain itu, teman dari tulungagung juga ikut merasakannya tapi dalam skala kecil. Gempa juga dirasakan beberapa daerah lainnya seperti Jogjakarta, Klaten, Magelang, Boyolali, Sragen. Setelah saya mencari info, ternyata gempa berasal dari Kebumen tepatnya 104 km Barat Daya Kebumen Jawa Tengah pada jam 12.14 WIB, Sabtu 25 Januari 2014. Gempa ini berkekuatan 6,5 SR dengan kedalaman 48 Kilometer. Sampai info ini saya publikasikan belum ada info dampak yang ditimbulkan oleh gempa tersebut. Mari kita doakan Semoga tidak terjadi apa-apa pada saudara kita yang berada di Kebumen.

Artikel ini diperbaharui pukul 220.00 WIB
Gempa Kebumen terpantau Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS). Berbeda dengan BMKG, menurut USGS kota paling dekat dengan gempa adalah Adipala (Cilacap) dengan kekuatan 6,1 SR dengan kedalaman 83,2 Kilometer. Sumber ini didapatkan dari merdeka.com (www.merdeka.com/peristiwa/ini-pusat-gempa-versi-badan-survei-geologi-amerika-serikat.html)
Merdeka.com:
Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) juga mencatat gempa yang terjadi di pantai Selatan Jawa. Dalam catatan USGS, gempa terjadi pada pukul 12.14, Sabtu (25/1). Pusat gempa pada koordinat 8.004 LS dan 109.238 BT dengan kedalaman 83,2 kilometer. USGS mencatat gempa terjadi dengan kekuatan 6,1 Skala Richter Kota paling dekat dengan pusat gempa adalah Adipala (Cilacap) yaitu 39 kilometer sebelah tenggara. Kemudian 41 kilometer selatan Kroya, 53 kilometer barat daya Gombong dan 54 kilometer selatan Banyumas.
Gempa Bumi Guncang Kebumen dengan Kekuatan 6,5 SR (Getaran dirasakan juga di beberapa daerah)
Akhir-akhir ini Indonesia sedang mengalami banyak bencana dari banjir, angin kencang, gunung sinabung yang meletus, sampai yang hari ini adalah gempa. Dari pantauan BMKG kita diharapkan berhati-hati dibeberapa wilayah, silakan kalian cek di www.bmkg.go.id untuk melihat info-info yang diberikan BMKG. Semoga kita selalu berada dalam lindungan-Nya dan bisa mengambil hikmah bencana alam yang telah terjadi.

Share artikel ke :

Facebook Twitter Google+

0 komentar:

Post a Comment

*Terimakasih atas kunjungannya, jika ingin kunjungan balik dari saya silakan memberikan komentar di bawah.
*Maaf No Live link dan No unsur SARAP (Suku, Agama, Ras, Antar golongan, Porno)
*Jika anda ingin mengutip artikel harus disertakan link yang menuju artikel ini. Baca selengkapnya di TOS.
*Jika banner atau link sobat ingin ditempatkan di blog ini, silahkan masuk halaman jawigo.blogspot.com/p/sobatku.html

 
Top