Jawi Go - Compress Image. Kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana memperkecil atau mengcompress gambar ataupun foto dengan tetap menjaga kualitas gambar setelah dicompress. Ini juga cocok untuk mempercepat loading blog, meski efeknya tidak begitu besar, karena mengcompress gambar ini hanyalah salah satu cara dari sekian banyak cara mempercepat loading blog.

Anda bisa menggunakan salah satu cara yang saya sebutkan di bawah ini.
1. Menggunakan Adobe Photoshop
Saya yakin sobat blogger sudah paham semua cara menggunakan software yang satu ini. Tapi mungkin ada beberapa sobat yang belum memahaminya. Saya di sini tidak akan memberikan tutorial mengenai cara mengedit gambar di adobe photoshop karena saya sendiri belum mahir menggunakannnya. Saya hanya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai cara menyimpan gambar agar file yang disimpan sizenya kecil. Caranya cukup mudah yaitu pada saat menyimpan file, simpan file dengan cara klik file > Save for Web. Setelah itu tinggal anda atur file akan anda simpan dalam bentuk apa di layar sebelah kanan adobe photoshop. Bisa PNG, GIF, atau JPEG dengan kualitas suka-suka anda. Saya biasanya menyimpan dalam bentuk JPEG kualitas medium. Kalo ingin kualitas gambar lebih bagus pilihlah PNG atau JPEG kualitas high, tetapi semakin bagus kualitas ukuran pun juga akan semakin besar, tergantung kebutuhan aja. Kalo udah selesai, coba anda bandingkan menyimpan dengan cara seperti di atas dengan menyimpan seperti biasa. Perbedaannya cukup jauh kan? Jika sudah menggunakan cara ini, tidak perlu di compress dengan software yang saya sebutkan di bawah ini. Karena ketika di compress, bukannya semakin kecil tapi ukuran malah akan semakin besar.

2. Menggunakan software Fileminizer
Software yang satu ini diberikan gratis oleh penyedianya. Tetapi untuk yang versi gratis beda dengan yang berbayar. Hehe namanya juga gratisan. Tenang saja, meski beda sudah cukup memuaskan menggunakan software yang satu ini. Hasil picture setelah dicompress juga masih bagus. Beberapa kelemahan yang gratisan antara lain nama file setelah di compress di belakangnya ada keterangan fileminizer (tenang bisa diganti dengan cara rename). Selain itu kita tidak bisa mengatur kualitas yang diinginkan. 
Jika anda tertarik menggunakannya, silahkan menuju Fileminizer. Di situ anda akan disuguhkan dengan banyak pilihan, ada yang untuk compress PDF, compress word, powepoint, dan lain-lain, pilih aja Fileminizer Picture. Setelah anda klik Fileminizer, maka proses download akan berjalan secara otomatis. Jika tidak berjalan otomatis akan ada keterangan untuk mengeklik yang disarankan. Untuk cara menggunakannya mudah kok. Jika tidak bisa silahkan berkomentar di bawah.

3. Menggunakan Software Caesium
Untuk yang satu ini benar-benar diberikan free oleh penyedianya. Namun jika anda ingin mendonasikan dana untuk penyedianya juga boleh. Beberapa kelebihan software ini dibandingkan Fileminizer versi gratisan antara lain yaitu anda bisa mengatur kualitas gambar yang diinginkan, nama file setelah dicompress, dan format gambar. Tapi saya lebih sering menggunakan Fileminizer, meski kadang juga menggunakan Caesium. Untuk mendownload Caesium silahkan klik disini. Di situ ada beberapa pilihan download, windows installer atau windows portable. Pilih aja salah satu. Saya lebih suka windows installer karena ketika ingin menggunakan tinggal klik. 

Jika link di atas tidak bisa digunakan, anda bisa mencari di google. Banyak yang sudah membagikannya. Bahkan ada yang memberikan serial number Fileminizer agar full version, tapi saya tetep menggunakan yang free. Sebenernya masih banyak software yang menyediakan compress picture ini, tapi sampai saat ini saya lebih suka menggunakan software di atas. Mungkin sobat semia bisa menambahkan software compressor picture yang lebih mantap sebagai referensi untuk pengunjung di kolom komentar.

Sekian postingan kali ini dengan judul "Cara Memperkecil atau Mengcompress Gambar Kualitas Tetap Bagus". Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa klik tombol share sosial media di bawah ya sob. Terimakasih dan mohon maaf.

Share artikel ke :

Facebook Twitter Google+

8 komentar:

  1. ya tergantung juga gan, biasanya kan ada orang yang juga masang widget berlebihan sampai blognya slow tingkat dewa. kalau soal compress saya sih pakai cara yang ke 1, yaitu adobe photoshop

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, makanya saya bilang itu hanya salah satu dari banyak cara mempercepat loading blog. Kadang widget yg gak terlalu penting juga pada di pasang. Katanya seh mempercantik blog. Kalo tiga cara di atas ane gunakan semua, tergantung suasana hati aja gan :d

      Delete
  2. Makasih banyak ya sob infonya,, andalan saya tetep photoshop :D

    ReplyDelete
  3. Wah enak dong makin ringan hehe
    Thanks artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenere gak begitu besar pengaruhnya, tapi lumayanlah daripada gak dikompress.

      Delete
  4. Klo ane mah sukanya compres gambar di photoshop.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, kalo ane ketiga cara di atas ane pake semua. Tapi seringnya pake photoshop

      Delete

*Terimakasih atas kunjungannya, jika ingin kunjungan balik dari saya silakan memberikan komentar di bawah.
*Maaf No Live link dan No unsur SARAP (Suku, Agama, Ras, Antar golongan, Porno)
*Jika anda ingin mengutip artikel harus disertakan link yang menuju artikel ini. Baca selengkapnya di TOS.
*Jika banner atau link sobat ingin ditempatkan di blog ini, silahkan masuk halaman jawigo.blogspot.com/p/sobatku.html

 
Top