Media Pembelajaran
Kata media berasal dari bahasa latin “medius” yang secara harfiah berarti tengah, perantara, atau pengantar. Sedangkan dalam bahasa Arab, media adalah “wasaaila” yang artinya perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Gerlach dan Ely (1971) mengatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap. Dalam pengertian ini guru, buku teks, dan lingkungan sekolah merupakan media. Selain itu AECT (Association of Education Technologi, 1977) memberi batasan tentang media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyanpaikan pesan atau informasi. Ringkasnya, media pembelajaran adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan atau mengantarkan pesan (transfer of knowladge) dari seorang pendidik kepada peserta didik.
Menurut Gerlach dan Ely (1971), ada tiga ciri media yang merupakan petunjuk mengapa media digunakan dan apa-apa saja yang dapat dilakukan oleh media yang mungkin guru tidak mampu atau kurang efisien melakukannya, ciri- ciri tersebut ialah:
a. Ciri Fiksatif (Fiksatif Property)
Ciri ini menggambarkan kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekonstruksi suatu peristiwa/obyek. Suatu peristiwa/obyek dapat diurut dan disusun kembali dengan media seperti fotografi, vidio tape, audio tape, disket komputer dan film. Suatu obyek yang telah diambil gambarnya (direkam) dengan kamera/video kamera dengan mudah dapat direproduksi dengan mudah kapan saja diperlukan.
b. Ciri Manipulatif (Manipulative Property)
Transformasi suatu kejadian/obyek dimungkinkan karena media memiliki ciri manipulatif. Kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan kepada siswa dalam waktu 2/3 menit dengan teknik pengambilan gambar time-capse recording. Misalnya reaksi kimia, juga dapat diamati melalui bantuan kemampuan manipulatif dari media. Contoh lainnya, bagaimana proses larva menjadi ulat kemudian menjadi kepompong dan menjadi kupu-kupu. Kemampuan media dari ciri manipulatif memerlukan perhatian sungguh-sungguh. Oleh karena itu apabila terjadi kesalahan dalam pengaturan kembali urutan kejadian atau pemotongan bagian yang salah, maka akan terjadi pula kesalahan penafsiran yang tentu saja akan membingungkan dan bahkan menyesatkan, sehingga dapat mengubah sikap mereka kearah yang tidak diinginkan.
c. Ciri Distributif (Distributif Property)
Ciri distributif dari media memungkinkan suatu obyek atau kejadian ditransportasiakan melalui ruang, dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar mahasiswa dengan stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian itu. Dewasa ini, distribusi media tidak hanya terbatas pada satu kelas/beberapa kelas pada sekolah-sekolah di dalam wilayah tertentu, tetapi juga media itu misalnya rekaman vidio, audio, disket komputer dapat disebar keseluruh penjuru tempat yang diinginkan kapan saja.

B. Prinsip-prinsip dan Syarat Umum Pemanfaatan Media Pembelajaran
Media pembelajaran digunakan dalam upaya peningkatan-peningkatan mutu dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu perlu diperhatikan prinsip-prinsip dalam menggunakan media pembelajaran. Adapun prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan adalah :
1. Penggunaan media pembelajaran hendaknya dipandang sebagai bagian yang intergal dari suatu sistem pengajaran dan bukan hanya sebagai alat bantu yang berfungsi sebagai tanbahan yang digunakan bila dianggap perlu dan hanya dimanfaatkan pada waktu dibutuhkan saja.
2. Media pengajaran hendaknya dipandang sebagai sumber belajar yang digunakan dalam usaha memecahkan masalah yang dihadapi dalam proses belajar mengajar.
3. Guru hendaknya benar-benar menguasai teknik-teknik dari suatu media yang digunakan.
4. Guru hendaknya memperhitungkan untung ruginya pemanfaatan suatu media pengajaran.
5. Penggunaan media pengajaran harus diorganisir secara sistematis bukan sembarang menggunakannya.
6. Jika sekiranya suatu pokok bahasan memerlukan lebih dari satu macam media, maka guru dapat memanfaatkan multimedia yang menguntungkan dan memperlancar proses belajar mengajar dan juga dapat merangsang siswa belajar.
Beberapa syarat umum yang harus dipenuhi dalam pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar, yakni :
1. Media pembelajaran yang digunakan harus sesuai dengan tujuan pengajaran yang telah ditetapkan.
2. Media pembelajaran tersebut merupakan media yang dapat dilihat dan didengar.
3. Media pembelajaran yang digunakan dapat merespon siswa belajar.
4. Media pembelajaran juga harus sesuai dengan kondisi individu siswa.
5. Media pembelajaran tersebut merupakan perantara (medium) dalam proses pegajaran siswa.


C. Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran
Media pembelajaran harus dirancang, disususun, dan dibuat sedemikian rupa oleh ”si pemberi pesan”. Oleh karena itu, media yang diterapkan dalam suatu proses belajar-mengajar merupakan suatu karya dan digolongkan sebagai ”teknologi” dalam pembelajaran. Lazimnya, sebuah teknologi dibangun dari dua unsur, yakni perangkat lunak (soft-ware), dan perangkat-keras (hard-ware).
Klasifikasi terhadap media pembelajaran dapat dilihat pada tabel berikut:
Setiap media memiliki karakteristik atau sifat-sifat khas tersendiri. Artinya antar jenis media lainnya memiliki keunggulan sekaligus kelemahannya.
Untuk memberikan penilaian terhadap suatu media mengenai kedua hal ini dapat digunakan dasar/acuan berikut :
1. Praktis dan sederhana
2. Keluwesan (apakah sesuai dengan nilai dan budaya setempat, memenuhi semua keinginan pembelajar).
3. Jangkauan (dilihat dari jarak dan lingkup penerima : individual, kelas, atau massal; terbatas atau luas).
4. Ketergantungan (guru, prasarana/saluran, atau kemampuan pembelajar).
5. Kendali belajar (guru, atau tujuan/isi media).
Dari kelima acuan inilah yang dapat membedakan apakah suatu media memiliki kelebihan atau kekurangan dibandingkan dengan media lain.

D. Fungsi dan manfaat media pembelajaran
1. Fungsi Media Pembelajaran
Ada dua fungsi utama media pembelajaran yang perlu kita ketahui, fungsi pertama media adalah sebagai alat bantu pembelajaran, dan fungsi media kedua adalah sebagai media sumber belajar.
a. Media Pembelajaran Sebagai Alat Bantu dalam Pembelajaran
Tentunya kita tahu bahwa setiap materi ajar memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Pada satu sisi ada materi yang tidak memerlukan alat bantu, tetapi dilain pihak ada materi ajar yang sangat memerlukan alat bantu berupa media pembelajaran. Media pembelajaran yang dimaksud antara lain berupa globe, grafik, gambar, dan sebagainya. Materi ajar dengan tingkat kesukaran yang tinggi tentu sukar dipahami oleh siswa. Tanpa bantuan media maka materi ajar menjadi sukar dicerna dan dipahami oleh setiap siswa. Kegiatan belajar siswa dengan bantuan media akan menghasilkan proses dan hasil belajar yang lebih baik daripada tanpa bantuan media.
b. Media Pembelajaran Sebagai Sumber Belajar
Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai tempat bahan pembelajaran untuk belajar peserta didik tersebut berasal. Sumber belajar dapat dikelompokkan menjadi lima kategori, yaitu manusia, buku perpustakaan, media massa, alam lingkungan, dan media pendidikan. Media pendidikan sebagai salah satu sumber belajar, ikut membantu guru dalam memudahkan tercapainya pemahaman materi ajar oleh siswa, serta dapat memperkaya wawasan siswa.
Media berfungsi sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar yakni berupa sarana yang dapat memberikan pengalaman visual kepada siswa dalam rangka mendorong motivasi belajar, memperjelas dan mempermudah konsep yang kompleks dan abstrak menjadi lebih sederhana, kongkrit serta, mudah difahami. Dengan demikian media dapat berfungsi untuk mempertinggi daya serap dan retensi anak terhadap materi pembelajaran.
2. Manfaat Media Pembelajaran
Secara umum manfaat media pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien. Sedangkan secara lebih khusus manfaat media pembelajaran adalah.
1. Penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan.
2. Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik.
3. Proses pembelajaran lebih interaktif.
4. Efisiensi dalam waktu dan tenaga.
5. Meningkatkan hasil belajar siswa.
6. Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.
7. Media dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar.
8. Mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif.

E. Kelemahan dan Kelebihan Media Pembelajaran
Setiap media pasti memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing, diantara kelemahannya ialah sebagai berikut:
1. Biaya pembelian media yang relatif mahal
2. Banyak diantara pendidik yang tidak dapat mengoperasikan media dengan baik. Misal (LCD, OHP, Komputer,dll)
3. Pembuatan memerlukan ketrampilam khusus dan peralatan khusus dalam penyajiannya.
Adapun kelebihannya adalah:
1. Dapat memvisualkan yang abstrak (animasi peredaran darah)
2. Membawa objek yang sukar didapat (binatang buas/berbahaya)
3. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati mata (mikro organisme)
4. Memungkinkan berinteraksi dengan lingkungannya
5. Memungkinkan Keseragaman pengalaman
6. Mengurangi resiko apabila objek berbahaya
7. Menyajikan informasi yang konsisten dan diulang sesuai dengan kebutuhan
8. Membangkitkan motivasi belajar yang disajikan dengan menarik serta variatif Mengontrol arah maupun kecepatan peserta didik
9. Menyajikan informasi belajar secara serempak dan dapat diulang maupun disimpan menurut kebutuhan.
10. Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu.

DAFTAR PUSTAKA

Arsyadi, Azhar. 2003, Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Asnawir dan M. Basyiruddin Usman, 2002, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers

media-grafika.com/category/mengenal-media-pembelajaran diakses tanggal 14 November 2009 pukul 09.30 WIB

www.slideshare.net/suediahmad/pemanfaatan-media-pembelajaran diakses tanggal 18 November 2009 pukul 13.00 WIB

yudinugraha.co.cc/?p=9 diakses tanggal 17 November 2009 pukul 05.45 WIB

Mulyati Arifin, dkk., 2000, Strategi Belajar Mengajar Kimia, Bandung: FMIPA Universitas Indonesia


Sekian postingan kali ini dengan judul "Media Pembelajaran". Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa klik tombol share media sosial ya sob. Terimakasih dan mohon maaf.

Share artikel ke :

Facebook Twitter Google+

0 komentar:

Post a Comment

*Terimakasih atas kunjungannya, jika ingin kunjungan balik dari saya silakan memberikan komentar di bawah.
*Maaf No Live link dan No unsur SARAP (Suku, Agama, Ras, Antar golongan, Porno)
*Jika anda ingin mengutip artikel harus disertakan link yang menuju artikel ini. Baca selengkapnya di TOS.
*Jika banner atau link sobat ingin ditempatkan di blog ini, silahkan masuk halaman jawigo.blogspot.com/p/sobatku.html

 
Top