Apa itu IFrame, Dampaknya terhadap SEO dan Cara Mengatasi IFrame Bad di Chkme
Sudah tiga hari gak utak-atik blog. Hadech, penyakitnya kumat lagi belum bisa istiqomah dalam membuat artikel. Kali ini Jawi Go ingin sharing pengalaman beberapa hari yang lalu ketika saya mengganti template (baca juga : template SEO friendly berpengaruh terhadap posisi blog di search engine). Setelah ganti template saya ingin melihat skore blog Jawi Go di chkme.com apakah ada perbedaan atau tetap saja, ternyata eh ternyata skore di chkme.com alhamdulillah bisa naik. Meski sudah ada perubahan tapi skore belum 100%, tapi hal ini sudah cukup membuatku senang. Saya coba lihat beberapa hal yang membuat skore kurang maksimal diantaranya adalah keterangan seperti ini "IFrames: Bad: IFrames are not indexed at all, and you have 1". Ya, ternyata di blog saya ada 1 IFrame yang menempel. Angka 1 di atas menunjukkan jumlah IFrame di blog sobat. Di chkme.com IFrame sangat berpengaruh terhadap skore SEO, ketika IFrame good maka skore bisa naik menjadi sekitar 20%.

Sekarang coba sobat blogger cek di chkme.com berapa skore blog sobat. Semoga aja di atas 70 % ya. Dan coba sobat lihat detailnya apakah IFrame good atau sebaliknya. jika ternyata IFrame: Bad maka sobat bisa mencari dimana letak IFrame tersebut. Sebelumnya akan saya jelaskan sedikit apa itu IFrame. Mungkin sudah banyak yang tahu apa itu IFrame, tapi bagi blogger baru mungkin masih ada yang belum paham. Kalo saya mengistilahkan IFrame itu dengan kata "numpang", kok numpang? Saya juga bingung mau jelaskan dengan istilah apa, sebenernya saya ingin menjelaskan dengan bahasa komputer tapi sayangnya saya aja gaptek. Payah dech..ini sepemahaman saya aja, kalo sobat ingin tahu lebih dalam mengenai IFrame, search aja dengan keyword "apa itu iframe". Intinya IFrame itu webpage lain yang berada di halaman kita. Biasanya ini terletak pada facebook button like atau video dari youtube.

Emang IFrame berpengaruh terhadap SEO? Dari hasil blogwalk, rata-rata memberikan pendapat bahwa iframe memang kurang bagus terhadap SEO. Begini, robotnya google kan gak suka blog yang loadingnya lama. Nha sebuah blog yang ada IFramenya itu pasti memuat tambahan beban buat blog kita so blog jadi lola. Secara gitu loh, ada webpage lain yang ada di blog kita. Apalagi webpage tersebut ukurannya besar. Wah loadingnya bisa lama sekali. Dan katanya IFrame juga menambah jumlah visitor sang pembuat IFrame. Sayapun juga sependapat bahwa IFrame mempengaruhi skore SEO, dan hal ini juga bisa dilihat dari chkme.com yang sudah terkenal di kalangan blogger bahwa IFrame bad maka skore SEOnya berkurang.

Bagi yang ingin menghilangkan IFrame di blog ada cara sederhana yang saya gunakan beberapa hari yang lalu. Semisal cara ini gagal, sobat bisa mencari di google dengan keyword "cara menghilangkan IFrame pada blog". Banyak kok yang memberikan tutorial mengenai hal ini. Tapi kebanyakan tutorial dengan cara mengedit kode-kode dalam template. Saya sendiri kurang cocok dengan cara mengedit kode dalam template soalnya saya gak paham kode-kode tersebut. Hehe... Jadi kalo sobat sama dengan saya yang tidak suka mengedit kode template, silakan lanjutkan membaca.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, salah satu IFrame terletak pada facebook button like. Bagaimana dengan blog sobat, apa ada facebook button like? Kalo ada silakan sobat hilangkan gadget tersebut dengan cara masuk dasboard blog sobat > Tata Letak. Klik gadget yang memuat facebook button like, dan silakan di hapus. Sebelumnya kode tersebut sobat simpan dulu di notepad atau office word. Setelah di hapus sekarang cek skore sobat di chkme.com, dan lihat apakah masih memberikan keterangan seperti ini "IFrames: Bad: IFrames are not indexed at all, and you have 1". Atau sudah berganti IFrames: good: No IFrames. Kalo sudah good saya ucapkan selamat, kalo belum silakan lanjutkan membaca. Jika ini belum berhasil berarti sobat harus mencoba satu-satu gadget, mana yang mengandung IFrame. Istilahnya "Bongkar Pasang" dan lihat di chkme.com. Hapus, simpan, belum berhasil pasang lagi. Begitu seterusnya. Kalo setelah semua di coba dan gak ada yang berhasil, nasibmu lah nak nak. Hehe kidding. Coba sobat cari blog lain aja ya yang bisa membantu permasalahan sobat blogger. Maaf ya kalo belum bisa memuaskan.

Apa itu IFrame, Dampaknya terhadap SEO dan Cara Mengatasi IFrame Bad di Chkme

Update:
Jika sobat ingin membuat tomboll follow facebook tanpa IFrame, selengkapnya baca disini

Sekian postingan kali ini dengan judul "Apa itu IFrame, Dampaknya terhadap SEO dan Cara Mengatasi IFrame Bad di Chkme". Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa share ya sob.

Share artikel ke :

Facebook Twitter Google+

12 komentar:

  1. cukup membantu juga penjelasannya.. oke thanks kebetulan di blogku ada iframe bade

    ReplyDelete
  2. penjelasannya cukup lengkap.. makasih gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama sob, senang bisa bermanfaat buat sobat andi

      Delete
  3. wah kerren nih. boleh di coba juga .
    kunjungi juga ya blog saya
    http://ilmufaat.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Makasih ya, bener ternyata, dari badge facebook :D

    ReplyDelete
  5. keren...

    kunjungin
    mediainf0.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. belum nemu yg saya cari, posting saya 100% SEO, tapi ketika di hompage IFrames: Bad 1 jadi hanya 78% SEO. masalahnya saya tidak menemukan IFrames yg muncul di hompage, ada saran???

    ReplyDelete
  7. hahahaha nasibnya kurang beruntung kalo msih belum bisa, tapi santai bener kata admin ada banyak tutor bertebaran ttg hal ini, semangat....... hehehehehe

    ReplyDelete
  8. thanks ilmunya gan...
    tp gw punya 8 iframe ktanya gan,,,
    dan score ane cuma 48%

    ReplyDelete

*Terimakasih atas kunjungannya, jika ingin kunjungan balik dari saya silakan memberikan komentar di bawah.
*Maaf No Live link dan No unsur SARAP (Suku, Agama, Ras, Antar golongan, Porno)
*Jika anda ingin mengutip artikel harus disertakan link yang menuju artikel ini. Baca selengkapnya di TOS.
*Jika banner atau link sobat ingin ditempatkan di blog ini, silahkan masuk halaman jawigo.blogspot.com/p/sobatku.html

 
Top