Jawi Go - Cara Menggunakan Google. Setiap orang yang bergelut dengan internet pasti mengenal dengan yang namanya google. Istilah kerennya mbah google, entah kenapa bisa dinamakan mbah google saya sendiri belum tahu pasti mengenai hal itu. Mungkin karena pintarnya robot ini membantu menemukan hal-hal yang dicari penggunanya, makanya dinamakan mbah google. Google memang sangat populer di kalangan para pencari informasi di dunia maya, karena google memang dikenal sebagai "mesin telusur terbaik di dunia" karena cepat, akurat, dan mudah digunakan. Google tahu betul apa yang anda inginkan. Hanya dengan mengetik beberapa kata kita bisa mendapatkan informasi yang kita inginkan, seperti "cara budidaya lele" kita akan mendapatkan beribu-ribu situs yang menampilkan kata-kata yang anda ketik. Tapi ingat, jika anda kurang cermat dalam memberikan kata-kata yang anda ketikkan di google, maka hasil yang anda dapatkan juga kurang maksimal. Di sini ada beberap tips yang dapat anda gunakan pada saat meminta bantuan mbah google.
1. Jangan menggunakan kalimat tanya
Misalnya "Bagaimana cara budidaya ikan lele", lebih baik anda menggunakan query tanpa tanda petik "cara budidaya ikan lele".
2. Query harus spesifik
Jangan menggunakan query yang mempunyai makna ganda. Query harus berisi informasi yang cukup spesifik agar google tahu apa yang anda inginkan. Coba anda ketikkan tanpa tanda petik "lele" di mesin telusur google.  Berapa hasil yang di dapat, sangat banyak sekali kan. Tapi apakah hasil tersebut sesuai dengan yang anda inginkan? Pastinya jawabannya tidak, yang keluar di google seperti lele bakar, lele unik, dan yang lainnya. Coba anda ketikkan tanpa tanda petik "cara budidaya ikan lele" maka anda akan mendapatkan sesuai yang anda inginkan. Lebih spesifik lagi juga lebih bagus, misalnya anda budiaya ikan lele di kolam terpal maka ketikkan tanpa tanda petik "cara budidaya ikan lele di kolam terpal"
3. Query dengan tanda apostroph (')
Anda akan mendapatkan hasil yang berbeda ketika mengetikkan tanpa tanda petik "Qur'an" dengan "Quran"
4. Query dengan tanda petik (" ")
Coba anda ketikkan dengan tanda petik seperti ini "membuat tabel pada postingan blog dengan mudah", maka hasilnya hanya kalimat yang sama persis dengan yang anda ketikkan. Cara ini sangat tepat untuk mencari sebuah nama, misalnya anda ingin mencari rina nose, ketikkan dengan tanda petik "rina nose", maka anda akan mendapatkan hasil sesuai dengan yang anda inginkan.
5. Query dengan tanda plus (+)
Misal anda ingin mencari fast and furious episode IV, maka tambahkan tanda + sebelum angka romawi seperti ini tanpa tanda petik "fast and furious +IV".
6. Query dengan tanda sinonim (~)
Tanda (~) menunjukkan sinonim, misal anda mengetik query seperti berikut tanpa tanda petik "~inexpensive mobile" maka anda akan mendapatkan kata-kata yang serupa dengan inexpensive (murah) seperti cheap. 
7. Query dengan kata OR
Kata OR dengan huruf besar semua digunakan dalam query untuk memunculkan satu kata atau kedua kata dalam query tersebut, sekaligus mengesampingkan yang bukan dua kata tersebut. Coba anda ketikkan tanpa tanda petik "ikan OR hias", maka anda bisa lihat sendiri hasilnya seperti apa.
8. Query dengan tanda .pdf
Misal anda ingin mencari file berupa pdf maka anda bisa menambahkan tanda ".pdf" setelah kata-kata yang anda inginkan. Coba anda ketikkan tanpa tanda petik "budiaya ikan lele .pdf", bagaimana? apa yang anda lihat di mesin telusur tersebut.
9. Query dengan operator pencarian
a. allintitle: [keyword]
Ini berfungsi untuk memberitahukan robot google untuk membatasi hasil pencarian pada halaman-halaman yang judul-judulnya memuat kata-kata di belakang operator pencarian tersebut. Coba anda ketikkan tanpa tanda petik "allintitle: budidaya ikan lele", apa yang anda lihat pada hasil pencarian?
b. allinurl: [keyword]
Ini berfungsi untuk memberitahukan robot google untuk membatasi hasil pencarian pada halaman-halaman yang memuat URL sesuai dengan keyword yang anda masukkan di belakang operator pencarian tersebut.
Jika anda ingin menambahkan kunci mesin telusur google, silahkan ketikkan di komentar. Berbagi itu indah. :)

Sekian postingan kali ini dengan judul "Tips Cara Menggunakan Google Mesin Pencari Terbaik". Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa klik tombol share sosial media di bawah ya sob. Terimakasih dan mohon maaf.

Share artikel ke :

Facebook Twitter Google+

2 komentar:

*Terimakasih atas kunjungannya, jika ingin kunjungan balik dari saya silakan memberikan komentar di bawah.
*Maaf No Live link dan No unsur SARAP (Suku, Agama, Ras, Antar golongan, Porno)
*Jika anda ingin mengutip artikel harus disertakan link yang menuju artikel ini. Baca selengkapnya di TOS.
*Jika banner atau link sobat ingin ditempatkan di blog ini, silahkan masuk halaman jawigo.blogspot.com/p/sobatku.html

 
Top